PTK SDA kelas 6 2018
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK SD
Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Bamboo Dancing
BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Peneliti melakukan penelitian di MI Ma’arif Dukuh Salatiga dilatarbelakangi karena tingkat ketuntasan siswa menurun. Dikarenakanpada saat pembelajaran siswa kebanyakan tidak memperhatikan guru, dapatmengakibatkan nilai siswa menjadi menurun. Pengondisian kelas masih tidak beraturan sehingga siswa lebih senang bermain dengan temannya daripada belajar. Berkaca dari tahun sebelum-sebelumnya nilai siswa terutama IPA mengalami penurunan drastis dikarenakan siswa belajarnya kurang, kondisi kelas sangat kurang mendukung, nilai ketuntasan menjadi menurun. Dari peristiwa tersebut peneliti sangat tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang sering disebut juga dengan istilah Pendidikan Sains, disingkat menjadi IPA. IPA merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk pada jenjang sekolah dasar.Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang selama ini dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik, mulai dari jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah.Anggapan sebagian besar peserta didik menyatakan bahwa pelajaran IPA ini sulit adalah benar terbukti dari hasil perolehan Ujian Akhir Sekolah (UAS) yang dilaporkan oleh Depdiknas masih sangat jauh dari standar yang diharapkan.Ironisnya, justru semakin tinggi jenjang pendidikan, maka perolehan rata-rata nilai UAS pendidikan IPA ini menjadi semakin rendah. Dibuktikan dengan penurunan nilai mata pelajaran IPA pada tahun ajaran 2015/2016, justru semakin tinggi pendidikan khususnya lulusan SMP ataupun SMA mengalami penurunan pada perolehan nilai UAS.
18Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah masalah lemahnya pelaksanan proses pembelajaran yang diterapkan para guru di sekolah. Proses pembelajaran yang terjadi selama ini kurang mampu, mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik. Pelaksanaan di kelas hanya diarahkan pada kemampuan siswa untuk menghafal informasi, otak siswa dipaksa hanya untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diperoleh untuk menghubungkan dengan situasi dalam kehidupan sehari-hari.Kondisi ini juga menimpa pada pembelajaran IPA, yang memperlihatkan bahwa selama ini proses pembelajaran sains disekolah dasar masih banyak yang dilaksanakan secara konvensional. Para guru sepenuhnya melaksanakan pembelajaran secara katif dan krestif dalam melibatkan siswa serta belum menggunakan berbagai pendekatan/strategi pembelajaran yang bervariasi berdasarkan karakter materi pelajaran.Dalam proses belajar mengajar, kebanyakan guru hanya terpaku pada buku teks sebagai satu-satunya sember belajar mengajar. Hal lain yang menjadi kelemahan dalam pembelajaran IPA adalah masalah teknik penilaian pembelajaran yang tidak akurat dan menyeluruh. Proses penilaian yang dilakukan selama ini semata-mata hanya melakukan pada penguasaan konsep yang dijaring dengan tes tulis objektif dan subjektif sebagai alat ukurnya. Dengan cara penilaian seperti ini, berarti pengujian yang dilakukan oleh guru baru mengukur penguasaaan materi saja dan itupun hanya meliputi ranah kognitif tingkat rendah. Keadaan semacam ini merupakan salah satu indikasi adanya kelemahan pembelajaran di sekolah.
PTK SDA kelas 6 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar