PTK matematika kelas 7 SMP
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI JOYFUL LEARNING
A. LATAR BELAKANG
Ketika para guru ngobrol sering terjadinya beberapa keluhan ketika proses pembelajaran di kelas siswa kelas VII, VIII maupun kelas IX pada umumnya, masih lemahnya penguasaan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dalam pembelajaran ketika pada materi tertentu yang melibatkan konsep pengurangan khususnya, sering di alami oleh beberapa siswa yang belum menguasai tentang penjumlahan pengurangan, ini dan menandakan bahwa masih belum paham betul mengenai penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, jangan-jangan untuk yang bilangan bulat positif dijumlahkan atau dikurangkan dengan bilangan bulat positif saja mereka belum terampil. Kita juga melihat bahwa beberapa siswa sudah lancar menjumlah dan mengurangkan bilangan bulat, baik yang positif maupun yang negatif. Setelah disadari ternyata bahwa setiap anak punya daya pikir ataupun pemahaman yang berbeda-beda. Ada anak yang dijelaskan berulang kali namun masih belum paham juga, sementara bagi anak lain yang daya pikirnya cepat hal ini sangatlah mudah. Bila kita melihat hasil pengerjaan siswa dalam soal matematika, sering kita menemukan beberapa kesalahan yang mendasar, contohnya ketika memeriksa pengerjaan siswa tentang operasi aljabar di kelas VIII, sering menemukan penjumlahan atau pengurangan yang salah. Atau kita sering menemukan siswa kelas IX dalam penyelesai akhir suatu soal permasalahan terjadinya kesalahan dalam hal penjumlahan maupun pengurangan, ini menandakan rendahnya pemahaman siswa dalam operasi ini, sehingga nilai hasil belajar siswa menjadi rendah, salah satu penyebabnya antara lain kurang mantapnya pemahaman konsep operasi bilangan bulat.
Ketika dalam proses pembelajaran masih banyaknya siswa yang kurang aktif, walaupun ketika dikasihkan permasalahan materi penjumlahan dan pengurangan terlihat masih banyak siswa yang hanya diam cuma melihat temannya mengerjakan soal.
Dari hasil observasi yang dilakukan terhadap siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Negeri 4 Lembang yang berjumlah 230 siswa, ternyata 57,5 % menunjukan nilai matematika yang melibatkan konsep operasi bilangan bulat masih rendah, berarti ini menunjukan pemahaman konsep operasi bilangan bulat pada siswa kelas VII SMP masih kurang atau rendah.
Melihat beberapa permasalahan di atas perlu adanya upaya peningkatan pemahaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas VII. Guna terwujudnya siswa yang benar-benar paham dalam konsep operasi penjumlahan dan pengurangan perlunya penggunaan alat peraga. Penggunaan alat peraga Media Takur (Tambah dan Kurang) diharapkan akan meningkatkan pemahaman konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yang nantinya berdampak untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam skala yang lebih luas.
PTK matematika kelas 7 SMP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar