Jumat, 23 September 2022

kurikulum merdeka belajar SMP

 kurikulum merdeka belajar SMP

Biaya Jasa 600rb/PTK.
Hubungi WA Kami di 081222940294
Kami membantu para guru menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) lengkap, orisinil dan terpercaya

JUDUL PTK KURIKULUM MERDEKA SMP : Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia ...................... Melalui Metode daring dengan aplikasi telegram Pada Siswa Kelas X SMA Matahari Tahun Pelajaran 2022/2023

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kegiatan belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai factor, seperti motivasi, kematangan, hubungan peserta didik dengan guru, kemampuan verbal, tingkat kebebasan, rasa aman dan keterampilan guru dalam berkomunikasi. Jika factor-faktor di atas dipenuhi, maka melalui pembelajaran peserta didik dapat belajar dengan baik. Guru harus berusaha membuat sesuatu menjadi jelas bagi peserta didik dan terampil dalam memecahkan masalah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam pembelajaran, yaitu : Membuat ilustrasi, Mendefinisikan, Menganalisis, Mensintesis, Bertanya, Merespon, Mendengarkan, Menciptakan kepercayaan, Memberikan pandangan yang bervariasi, Menyediakan media untuk mengkaji materi standar, Menyesuaikan metode pembelajaran, Memberikan nada perasaan. Agar pembelajaran memiliki kekuatan yang maksimal, guru-guru harus senantiasa berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan semangat yang telah dimilikinya ketika mempelajari materi standar.

Hasil tes sebelumnya yakni tes ulangan harian di Kelas X SMA Matahari menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum maksimal, karena masih ada beberapa siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Dari 36 siswa ada sekitar 10 siswa yang hasil belajarnya masih rendah. Berikut table hasil ulangan harian di Kelas X SMA Matahari.

Strategi pembelajaran yang akan di pakai dalam permasalahan yang ada maka diambil cara untuk melakukan perbaikan yang sesuai melalui metode yang kreatif dan menyenangkan yakni penggunaan metode daring dengan aplikasi telegram sebagai salah satu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterampilan sebagai suatu dasar yang wajib dimiliki oleh peserta didik dan dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir anak yang baik dan akan termotivasi untuk belajar. Sehingga di duga efektif digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia.

Melihat pernyataan ini dapat dikatakan bahwa persoalan di atas penulis tertarik untuk meneliti dan menguji sejauh mana motivasi para peserta didik dalam pembelajaran dikelas.

Berdasarkan latar belakang diatas peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Laporan Hasil Observasi  Melalui Metode daring dengan aplikasi telegram Pada Siswa Kelas X SMA Matahari Tahun Pelajaran 2020/2021

 

B. Identifikasi Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang masalah diatas, selanjutnya dapat diidentifikasi masalah penelitian sebagai berikut :

1. Guru kurang optimal dalam penggunaan alat peraga.

2. Hasil belajar Bahasa Indonesia masih terdapat beberapa siswa tidak memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal ).

3. Siswa tidak serius belajar, rasa ingin tahu tidak ada, kemandirian dan ketekunan dalam proses pembelajaran terlihat sedikit sekali.

 

C. Perumusan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum di terapkan metode daring dengan aplikasi telegram?

2. Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah di terapkan metode daring dengan aplikasi telegram?

3. Apakah penerapan metode daring dengan aplikasi telegram dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia?

 

D. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui :        

1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum di terapkan metode daring dengan aplikasi telegram         

2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sesudah di terapkan metode daring dengan aplikasi telegram         

3. Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode daring dengan aplikasi telegram dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 

E. Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai berikut :

1. Bagi sekolah : sebagai bahan masukan dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia

2. Bagi kepala sekolah : sebagai bahan masukan dalam rangka mengembangkan kreatifitas para guru dalam mengajar siswa

3. Bagi guru : diharapkan kepada guru dapat di terapkan metode daring dengan aplikasi telegram sebagai bahan alternative pembelajaran dalam upaya membangkitkan motivasi, rasa ingin tahu dan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

4. Bagi peneliti : penelitian ini akan sangat bermanfaat bagi peneliti sebagai wahana dalam di terapkan metode ilmiah secara sistematis dan terkontrol serta menemukan dan menghadapi permasalahan permasalahan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar

5. Bagi peneliti lain : sebagai rujukan dan bahan perbandingan untuk penelitian sejenis serta sebagai bahan masukan bagi penulis untuk menambah pengetahuan tentang pengaruh motivasi ke peserta didik terhadap pelajaran Bahasa Indonesia.

 

kurikulum merdeka belajar SMP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar