PTK biologi SMA document
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK SMA
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNGAN
PENDAHULUAN
Dalam pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi, guru dituntut memiliki kompetensi terutama dalam pengelolaan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang berkualitas dan efektif akan mengantarkan siswa mencapai kompetensi yang diharapkan.Suatu kenyataan bahwa hasil belajar siswa saat ini masih sebatas penguasaan salah satu ranah saja yaitu ranah kognitif. Masih banyak proses pembelajaran hanya satu arah, yakni guru berceramah sedangkansiswa menghafal konsep,guru aktif -siswa pasif. Idealnya proses pembelajaran anak/siswa dikondisikan aktif baik secara fisik maupun psikis,qgar tercapai pula ranah psikomotorik dan afekif,sehingga dapat mencapai kompetensi yang diharapkan.Rendahnya tingkat ketercapaian kompetensi siswa dalam mempelajari Biologi dilihat dari perbandingan siswa dengan KKM yang ditetapkan. KKM yang ditetapkan adalah 6,50.Adapunkondisi awal hasil prestasi siswa yang diambil dari nilai ulangan tengah semester ganjiltahun pelajaran 2009/2010 sebagai berikut:dari 40siswa, terdiri dari 13laki-laki danperempuan, KKM yang ditentukan 65,00, prosentase Siswa tuntas ≥ 65,00:40 %, nilai minimum 46,00, nilai maksimim 82, dan rata-rata nilai:63,45.Jadi ketercapaian KKM masih jauh dari harapan. Dengan kondisi tersebut, terdorong untuk melakukan upaya perbaikan / peningkatan pencapaian kompetensi hasil belajar siswa.Agar proses pembelajaran lebih bervariasi, aktif, interaktif, efektif, dan menyenangkan, maka dilaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe jigsaw. Pendekatan kooperatif tipe jigsawditerapkan dalam penelitian untuk mencari solusi dalam mengantisipasi rendahnya ketercapaian kompetensi dalam mata pelajaran Biologi.Dengan menerapkan pendekatan kooperatif tipe jigsawdiharapkandapat meningkatkan hasil belajar Biologi dalam kompetensidasar “ Menjelaskan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan penyakit yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia”, bagi siswa dan guru.Sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kemampuan siswa baru sebatas kemampuan kognitif. Sedangkan ranah psikomotorik dan afektif belum terakumulasi. Kemampuan siswa baru pengusaan konsep, kemampuan ingatan / hafalan. Setelah diterapkan pendekatan kooperatif tipe jigsawlebih memberi kontribusi untuk menggali kemampuan afektif dan psikomotornya. Penelitian ini dilakukan karena dipandang penting dan sangat diperlukan untuk segera memberikan solusi untuk upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan untuk meningkatkan kompetensi, serta komitmen guru terhadap tugas profesinya. Sedangkan bagi siswa dapat meningkatkan hasil belajar Biologi untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
PTK biologi SMA document
Tidak ada komentar:
Posting Komentar