PTK ips SMP kelas 9
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK SMP
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM
PENDAHULUAN
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengembangan diri,
kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dimiliki dirinya, masyarakat,
bangsa dan negara ( Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1, butir 1 ).Dalam
Kurikilum 2004 yang disempurnakan juga diharapkan bahwa proses pembelajaran
harus mampu menciptakan suasana yang aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga
siswa mampu mengembangkan diri sesuai dengan lingkungannya. Namun demikian sampai
saat ini dunia pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa
pengetahuan merupakan seperangkat fakta yang harus dihafal. Guru adalah ujung
tombak dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kelas
sebagian besar masih berfokus pada guru sebagai sumber pengetahuan yang utama,
dan ceramah menjadi pilihan utama dalam strategi pembelajaran..
Itulah kenyataan yang dihadapi oleh sebagian besar
guru IPS. Materi pelajarannya
yang kompleks, sering dianggap sebagai pelajaran yang mudah tapi susah,
bersifat hafalan dan membosankan, sehingga menyebabkan rendahnya perhatian dan
partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya perhatian siswa pada
mata pelajaran IPS, ditambah dengan strategi pembelajaran yang kurang menarik
menyebabkan rendahnya prestasi siswa.
Kondisi yang demikian terjadi pula di SMP Negeri 15 Pekalongan. Hasil belajar siswa
kelas VIII terhadap mata pelajaran IPS selama ini masih rendah karena
nilai ulangan mereka tidak sampai 60% yang bisa mencapai nilai KKM. Sementara kegiatan pengajaran dikatakan
berhasil apabila 85% siswa dikelas itu dapat mencapai KKM. Hal itu menandakan
bahwa pembelajaran IPS kurang menarik,
karena guru masih menggunakan menggunakan model
pembelajaran yang kurang merangsang siswa untuk belajar lebih giat, dan proses
pembelajaran masih menekankan pada aspek pengetahuan saja, belum menyentuh pada
sikap dan kreatifitas siswa, karena guru kurang melibatkan siswa agar aktif
dalam proses pembelajaran.
Selama ini dalam kegiatan pembelajaran guru masih
menggunakan metode ceramah yang diterapkan secara murni, sehingga siswa merasa
tidak pernah dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Siswa seolah-olah hanya
diharuskan untuk menghafal fakta-fakta, sehingga siswa merasa bosan dan kurang
berminat terhadap kegiatan pembelajaran. Keadaan yang demikian ternyata menjadi
salah satu fakta yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa.
PTK ips SMP kelas 9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar