PTK matematika SMP kelas IX
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK SMP
Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Kesebangunan Melalui Metode Pembelajaran Model Kontekstual Berbasis Masalah
1. PENDAHULUAN
Latar Belakang
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang
penting diajarkan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Dalam
pedoman penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah
Pertama dijelaskan tujuan pengajaran matematika pada pendidikan dasar (
Depdiknas, 2006:8) antara lain agar siswa memahami konsep matematika
secara luwes, akurat, efesiarn, dan tepat serta memiliki sikap
menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan yaitu memiliki rasa ingin
tahu atau kritis, perhatian dan minat dalam mempelajari matematika,
serta sikap ulet dan percaya sendiri dalam pemecahan masalah.
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman penulis dalam mengajar matematika
selama ini, siswa kurang memahami materi yang diajarkan guru dan
mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Pengalaman juga
menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum memuaskan. Hal ini dapat
dilihat diantaranya dari nilai ulangan harian pada materi pokok sebelum
dilaksanakan penelitian (pra-siklus). Dimana jumlah siswa yang mencapai
tingkat ketuntasan belajar baru 37,5 % dari 40 siswa. Dan rata-rata
nilai ulangan hariannya sebesar 43.
Gejala-gejala yang tampak pada saat proses belajar antara lain:
kemampuan menganalisa dan menyelesaikan soal rendah, siswa kurang
terampil berpikir dan cenderung suka mencontoh, siswa belum mampu
berfikir kritis dan sistematis. Akibatnya jika diberikan soal-soal yang
agak berbeda sedikit dengan contoh yang diberikan, mereka tidak mampu
menyelesaikannya. Hal ini disebabkan siswa belajar hanya dengan
mengingat fakta, dan kurang memahami konsep yang dipelajari.
Selanjutnya melalui sebuah diskusi dengan teman sejawat, penulis mencoba
mengidentifikasikan masalah sebagai berikut: bahwa mungkin rendahnya
hasil belajar matematika disebabkan karena (1) pendekatan pembelajaran
yang diberikan kurang sesuai, (2) metode mengajarnya kurang bervariasi,
(3) keterampilan berpikir siswa kurang maksimal (4) teknik penilaian
tidak sesuai sehingga perkembangan kemampuan siswa kurang terukur, (5)
pemanfaatan lingkungan/alat peraga kurang , dan dukungan belajar dari
orang tua dan masyarakat rendah.
Dengan mencermati juga bahwa di SMP Negeri 1 Tulis memiliki kualitas
guru yang cukup tinggi ( 99% sarjana), memiliki alat peraga matematika
dan buku-buku yang cukup serta lingkungan sekolah yang mendukung (berada
diluar kota Batang yang nyaman dan sejuk), maka dapat dipahami bahwa
rendahnya hasil belajar matematika yang diperoleh siswa disebabkan
karena belum diterapkannya model pembelajaran yang dapat membelajarkan
siswa secara mandiri, dan dapat membangun kemampuan dan pengetahuan
secara bertahap dengan memanfaatkan lingkungan belajar sebagai media
pengajaran untuk menyelesaikan soal cerita atau masalah matematika yang
berkaitan dengan dunia nyata atau kehidupannya.
PTK matematika SMP kelas IX
Tidak ada komentar:
Posting Komentar