PTK kepala sekolah dasar
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
UPAYA MENINGKATKAN KEDISPLINAN SISWA MELALUI PENERAPAN HUKUMAN
A.PENDAHULUAN
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para praktisi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, di antaranya adalah melalui penelitian. Jenis penelitian yang sesuai untuk para pelaku pendidikan seperti guru, Kepala Sekolah, atau Pengawas Sekolah adalah penelitian yang bersifat praktis dan performatif, yaitu penelitian tindakan (action research). Hal ini disebabkan karena persoalan-persoalan yang muncul di kelas atau di sekolah adalah masalah-masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan segera, melalui tindakan-tindakan terencana dan berulang. Penelitian tindakanadalah penelitian alternatif yang strategis dalam menjawab persoalan-persoalan lapangan di kelas atau di sekolah. Di samping jenis penelitian ini dapat dilakukan oleh para praktisi, juga jenis penelitian ini memecahkan masalah-masalah praktis yang hasilnya dapat dengan segera diketahui. Bebarapa jenis penelitian tindakan yang umum diterapkan di dunia pendidikan, di antaranya adalah, Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research), dan Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Karena kedua jenis penelitian ini memiliki spesifikasi yang praktis dan bersifat performatif, sehingga cocok diterapkan di sekolah atau di kelas.
Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah keduanya berasal dari Penelitian Tindakan (PT) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sebuah organisasi. Alur kerja PT dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi bermula dari mendiagnosis elemen-elemen penghambat, kemudian merumuskan alternatif-alternatif pemecahannya, sesuai target-target yang dikehendaki. Langkah berikutnya adalah melakukan tindakan-tindakan sebagai alternatif pemecahan, sambil diamati dan dinilai, untuk mengetahui pengaruh dari tindakan-tindakan tersebut. Selanjutnya pelaku tindakan bersama dengan pimpinan melakukan refleksi terhadap dampak dan pengaruh dari tindakan-tindakan yang dilakukan. Hasil refleksi tersebut sebagai bahan untuk melakukan tindakan-tindakan perbaikan berikutnya.
Banyak cara yang dapat dilakukan oleh para praktisi pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, di antaranya adalah melalui penelitian. Jenis penelitian yang sesuai untuk para pelaku pendidikan seperti guru, Kepala Sekolah, atau Pengawas Sekolah adalah penelitian yang bersifat praktis dan performatif, yaitu penelitian tindakan (action research). Hal ini disebabkan karena persoalan-persoalan yang muncul di kelas atau di sekolah adalah masalah-masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan segera, melalui tindakan-tindakan terencana dan berulang. Penelitian tindakanadalah penelitian alternatif yang strategis dalam menjawab persoalan-persoalan lapangan di kelas atau di sekolah. Di samping jenis penelitian ini dapat dilakukan oleh para praktisi, juga jenis penelitian ini memecahkan masalah-masalah praktis yang hasilnya dapat dengan segera diketahui. Bebarapa jenis penelitian tindakan yang umum diterapkan di dunia pendidikan, di antaranya adalah, Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research), dan Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research). Karena kedua jenis penelitian ini memiliki spesifikasi yang praktis dan bersifat performatif, sehingga cocok diterapkan di sekolah atau di kelas.
Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah keduanya berasal dari Penelitian Tindakan (PT) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja sebuah organisasi. Alur kerja PT dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi bermula dari mendiagnosis elemen-elemen penghambat, kemudian merumuskan alternatif-alternatif pemecahannya, sesuai target-target yang dikehendaki. Langkah berikutnya adalah melakukan tindakan-tindakan sebagai alternatif pemecahan, sambil diamati dan dinilai, untuk mengetahui pengaruh dari tindakan-tindakan tersebut. Selanjutnya pelaku tindakan bersama dengan pimpinan melakukan refleksi terhadap dampak dan pengaruh dari tindakan-tindakan yang dilakukan. Hasil refleksi tersebut sebagai bahan untuk melakukan tindakan-tindakan perbaikan berikutnya.
PTK kepala sekolah dasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar