Rabu, 23 Desember 2020

PTK ips sejarah SMP kelas 7

 PTK ips sejarah SMP kelas 7

Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIG SAW SISWA KELAS  7 SMP

A.Latar Belakang Masalah
Pada  hakikatnya,  pembelajaran  bahasa  dan  apresiasi  sastra  berperansangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal itu terbukti dalamkurikulum   1968   sampai   sekarang   kurikulum   KTSP,   apresiasi   sastramerupakan  materi  pembelajaran  yang  harus  diajarkan  kepada  siswa  mulaisekolah dasar sampai sekolah lanjutan tingkat atas. Bertahannya pengajaransastra  di  sekolah  dikarenakan  pengajaran  sastra  mempunyai  peranan  yangsangat  penting  dalam  mencapai  aspek  tujuan  pendidikan,  seperti  aspekpendidikan   susila,   sosial,   sikap,   penilaian,   dan   keagamaan   (Rusyana,1982:26).  Rusyana  juga  mengungkapkan  bahwa  tujuan  pengajaran  sastrasebenarnyamemilikidua    sasaran,yaitu    agar    siswamemperolehpengetahuan  sastra  dan  pengalaman  sastra.  Pertama,  pengetahuan  sastradiperoleh dengan membaca teori, sejarah, kritik sastra. Kedua, pengalamansastra dengan cara membaca, melihat pertunjukan karya sastra, dan menuliskarya sastra.Keterampilan  berbahasa  yang  diajarkan  kepada  siswa  kelas  IX  SMPterdiri  atas  keterampilan  reseptif  maupun  produktif.  Hal  ini  sesuai  denganpendapat Tarigan (1994:1) bahwa keterampilan berbahasa mencakup empatsegi yaitu menyimak (Listening Skill), berbicara (Speacking Skill), membaca(Reading  Skill),  dan  menulis  (Writing  Skill).  Keterampilan  menulis  yanglebih   dikenal   dengan   istilah   mengarang  merupakan   satu   dari   keempat
2keterampilan  berbahasa  yang  diajarkan  kepada  peserta  didik  yang  belajarbahasa,  salah  satunya  menulis  cerpen.  Dalam  kegiatan  menulis  ini,  sangpenulis  haruslah  terampil  memanfaatkan  grafologi,  struktur  bahasa  dankosakata,   keterampilan    menulis   tidak   akan   datang   secara   otomatismelainkan harus melalui latihan. Karena menulis merupakan suatu kegiatanproduktif    dan    ekspresif,    kegiatan    menulis    bertujuan    untuk    dapatmengungkapkan  fakta-fakta,  pesan,  sikap  dan  isi  pikiran  secara  jelas  danefektif    kepada    para    pembacanya    (Tarigan,    1994:2).    Namun,    padakenyataannya  tidak  semua  peserta  didik  dapat  menunjukkan  kemampuantersebut.  Ketika  menulis,  peserta  didik  merasakan  kurangnya  keyakinan,minat, dan latihan yang memadai untuk menulis. Bahkan banyak siswa yangmengeluh jika kegiatan pembelajaran sampai pada menulis. Mereka merasakesulitan dalam menuangkan idea atau gagasan ke dalam sebuah tulisan.Salah satu keterampilan  menulis  yang harus  dikuasai siswa kelas  IXSMP adalah menulis sastra. Sesuai dengan lampiran Permendiknas Nomor22 Tahun 2006 tentang standar isi, dijelasakan keterampilan menulis sastradijabarkan   menjadi   dua   standar   kompetensi   yaitu   (1)   mengungkapkankembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek, SK Nomor8, dan (2) menulis naskah drama, SK Nomor 16. Standar kompetensi nomor8  tersebut  dijabarkan  menjadi  dua  KD  yaitu  (1)  menulis  kembali  dengankalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca, (2) menulis cerita pendekbertolak  dari  peristiwa  yang  pernah  dialami.  Harapan  akhir  pembelajaran
3cerpen tersebut, agar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)sebesar 75.

PTK ips sejarah SMP kelas 7
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar