PTK ips SMP kelas vii
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD DENGAN MEDIA VCD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP
A.Latar Belakang Masalah
Pada hakikatnya, pembelajaran bahasa dan apresiasi sastra berperansangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hal itu terbukti dalamkurikulum 1968 sampai sekarang kurikulum KTSP, apresiasi sastramerupakan materi pembelajaran yang harus diajarkan kepada siswa mulaisekolah dasar sampai sekolah lanjutan tingkat atas. Bertahannya pengajaransastra di sekolah dikarenakan pengajaran sastra mempunyai peranan yangsangat penting dalam mencapai aspek tujuan pendidikan, seperti aspekpendidikan susila, sosial, sikap, penilaian, dan keagamaan (Rusyana,1982:26). Rusyana juga mengungkapkan bahwa tujuan pengajaran sastrasebenarnyamemilikidua sasaran,yaitu agar siswamemperolehpengetahuan sastra dan pengalaman sastra. Pertama, pengetahuan sastradiperoleh dengan membaca teori, sejarah, kritik sastra. Kedua, pengalamansastra dengan cara membaca, melihat pertunjukan karya sastra, dan menuliskarya sastra.Keterampilan berbahasa yang diajarkan kepada siswa kelas IX SMPterdiri atas keterampilan reseptif maupun produktif. Hal ini sesuai denganpendapat Tarigan (1994:1) bahwa keterampilan berbahasa mencakup empatsegi yaitu menyimak (Listening Skill), berbicara (Speacking Skill), membaca(Reading Skill), dan menulis (Writing Skill). Keterampilan menulis yanglebih dikenal dengan istilah mengarang merupakan satu dari keempat
2keterampilan berbahasa yang diajarkan kepada peserta didik yang belajarbahasa, salah satunya menulis cerpen. Dalam kegiatan menulis ini, sangpenulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa dankosakata, keterampilan menulis tidak akan datang secara otomatismelainkan harus melalui latihan. Karena menulis merupakan suatu kegiatanproduktif dan ekspresif, kegiatan menulis bertujuan untuk dapatmengungkapkan fakta-fakta, pesan, sikap dan isi pikiran secara jelas danefektif kepada para pembacanya (Tarigan, 1994:2). Namun, padakenyataannya tidak semua peserta didik dapat menunjukkan kemampuantersebut. Ketika menulis, peserta didik merasakan kurangnya keyakinan,minat, dan latihan yang memadai untuk menulis. Bahkan banyak siswa yangmengeluh jika kegiatan pembelajaran sampai pada menulis. Mereka merasakesulitan dalam menuangkan idea atau gagasan ke dalam sebuah tulisan.Salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa kelas IXSMP adalah menulis sastra. Sesuai dengan lampiran Permendiknas Nomor22 Tahun 2006 tentang standar isi, dijelasakan keterampilan menulis sastradijabarkan menjadi dua standar kompetensi yaitu (1) mengungkapkankembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerita pendek, SK Nomor8, dan (2) menulis naskah drama, SK Nomor 16. Standar kompetensi nomor8 tersebut dijabarkan menjadi dua KD yaitu (1) menulis kembali dengankalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca, (2) menulis cerita pendekbertolak dari peristiwa yang pernah dialami. Harapan akhir pembelajaran
3cerpen tersebut, agar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)sebesar 75.
PTK ips SMP kelas vii
Tidak ada komentar:
Posting Komentar