Selasa, 18 Februari 2020

contoh PTK ips MTs

contoh PTK ips MTs
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya

JUDUL PTK MTs
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN METODE DEMONSTRASI


BAB I
PENDAHULUAN   

A.    Alasan Pemilihan Judul.


Servis poros penggerak merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif. Poros penggerak adalah bagian yang sangat penting pada kendaraan (mobil), karena komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga/putaran dari transmisi  ke roda-roda  sehingga roda dapat berputar yang selanjutnya mobil dapat berjalan. Untuk menguasai kompetensi ini diperlukan pemahaman yang mendalam. Dalam penyampaian materi baik secara teoritis ataupun praktikum seorang guru harus benar-benar dapat menarik simpati siswa yang akhirnya siswa merasa nyaman dan termotifasi dalam belajar.

Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya dan biasanya interaksi yang terjadi antara guru-siswa berlangsung secara unik. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan kreatif dan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya. Guru pun mempunyai hak otonomi untuk menilai sendiri kinerjanya. Metode paling utama adalah merefleksikan diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian yang sudah baku. Dalam menyampaikan materi servis poros penggerak tidak cukup dilakukan dengan teori saja namun penguasaan  kompetensi ini dapat dicapai dengan kegiatan praktikum. Oleh karena itu siswa wajib diberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan nyata yang melibatkan indra dan fikirannya. 
Sesuatu yang diperoleh siswa melalui kegiatan bekerja, mencari dan menemukan sendiri tidak akan mudah dilupakan. Hal ini akan tertanam dalam hati sanubari dan fikiran siswa (Conny Semiawan, 1990 : 11), dari alasan tersebut maka proses belajar mengajar perlu melalui kegiatan praktikum. Siswa yang melakukan kegiatan praktikum perlu menggunakan pedoman kerja yang dapat berupa job sheet agar dapat bekerja secara sistematis. Sedangkan kedisiplinan penulis anggap sebagai unsur yang berperan penting dalam usaha meningkatkan hasil belajar karena disiplin adalah mencerminkan siswa yang rajin,  pepatah cendikia mengatakan bahwa rajin adalah pangkal pandai. Sehingga antara kedisiplinan dan penguasaan kompetensi penulis angkat dalam penelitian tindakan kelas ini.
 
contoh PTK ips MTs
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar