Sabtu, 15 Februari 2020

PTK qur'an hadits MTs pdf

PTK qur'an hadits MTs pdf
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya

JUDUL PTK MTs 
Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits dengan Materi Surat Al-Ma’un
 
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan sangat penting untuk menghasilkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa. Adanya kemajuan dalam pendidikan menimbulkan dorongan untuk melakukan inovasi pendidikan agar tercapai tujuan seperti yang
diharapkan. Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan (Purwanto, 2007:11).
Dalam dunai pendidikan terdapat 2 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri (siswa sendiri) yang meliputi faktor jasmani dan faktor psikologi, faktor jasmani terdiri dari pengelihatan pendengaran dan lain-lain. Sedangkan faktor psikologi adalah faktor yang meliputi intelektual siswa yang berkaitan dengan motivasi belajar. Kedua faktor tersebut (jasmani dan psikologi) berjalan berdampingan, Pendidikan dapat terwujud jika proses belajar mengajar diselenggarakan secara efektif, artinya dapat berlangsung secara lancar, terarah dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan tujuan tersebut melalui kegiatan pembelajaran. Sekarang ini berbagai pendekatan maupun metode mengajar banyak digunakan agar tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai. Sampai saat ini pendidikan di indonesia masih didominasi oleh kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan, sehingga ceramah akan menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Secara singkat belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku secara keseluruhan sebagi hasil pengalaman dalam interaksi dengan lingkungannya (Ahmadi, 2004:128).
Menurut pengamatan penulis selama ini pembelajaran PAI SMP Islam Maesan Bondowoso menjumpai adanya beberapa permasalahan, diantaranya adalah kurangnya guru menggunakan pendekatan dan metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dan bergairah dalam mengikuti pembelajaran di kelas sehingga prestasi belajar belum maksimal. Masih banyak siswa yang nilainya dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga prestasi siswa menjadi rendah. Hal tersebut yang menjadikan alasan peneliti menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih materi Sholat Jama’ qasar.
Untuk mengatasi masalah tersebut perlu digunakan suatu metode yang memberdayakan siswa salah satunya adalah melalui metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah suatu strategi pengembangan dengan cara memberikan pengalaman belajar melalui perbuatan melihat dan mendengarkan diikuti dengan meniru pekerjaan yang didemonstrasikan  (Anwar, 2001:85). 
 
PTK qur'an hadits MTs pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar