download PTK qurdis MTs
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK MTs
Meningkatkan Kemampuan Menghapal Melalui Metode Driil Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan sangat penting untuk
menghasilkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa. Adanya
kemajuan dalam pendidikan menimbulkan dorongan untuk melakukan inovasi
pendidikan agar tercapai tujuan seperti yang
diharapkan.
Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak
untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan (Purwanto,
2007:11).
Dalam dunai pendidikan terdapat 2
faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri
(siswa sendiri) yang meliputi faktor jasmani dan faktor psikologi, faktor
jasmani terdiri dari pengelihatan pendengaran dan lain-lain. Sedangkan faktor
psikologi adalah faktor yang meliputi intelektual siswa yang berkaitan dengan
motivasi belajar. Kedua faktor tersebut (jasmani dan psikologi) berjalan
berdampingan, Pendidikan
dapat terwujud jika proses belajar mengajar diselenggarakan secara efektif,
artinya dapat berlangsung secara lancar, terarah dan sesuai dengan tujuan
pembelajaran. Sekolah sebagai lembaga formal merupakan salah satu wadah untuk mewujudkan
tujuan tersebut melalui kegiatan pembelajaran. Sekarang ini berbagai pendekatan
maupun metode mengajar banyak digunakan agar tujuan dari proses pembelajaran
dapat tercapai. Sampai saat ini pendidikan di indonesia masih didominasi oleh
kelas yang berfokus pada guru sebagai pusat pengetahuan, sehingga ceramah akan
menjadi pilihan utama dalam menentukan strategi belajar. Secara singkat belajar
adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku secara keseluruhan sebagi hasil pengalaman dalam
interaksi dengan lingkungannya (Ahmadi, 2004:128).
Menurut pengamatan penulis selama
ini pembelajaran PAI SMP Islam Maesan Bondowoso menjumpai adanya beberapa
permasalahan, diantaranya adalah kurangnya guru menggunakan pendekatan dan
metode yang tepat sehingga siswa kurang aktif dan bergairah dalam mengikuti
pembelajaran di kelas sehingga prestasi belajar belum maksimal. Masih banyak
siswa yang nilainya dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) sehingga
prestasi siswa menjadi rendah. Hal tersebut yang menjadikan alasan peneliti menggunakan
metode diskusi dalam pembelajaran Fiqih
materi Sholat Jama’ qasar.
Untuk mengatasi masalah tersebut
perlu digunakan suatu metode yang memberdayakan siswa salah satunya adalah
melalui metode demonstrasi.
Metode demonstrasi adalah suatu strategi pengembangan dengan cara memberikan pengalaman
belajar melalui perbuatan melihat dan mendengarkan diikuti dengan meniru
pekerjaan yang didemonstrasikan (Anwar, 2001:85)
download PTK qurdis MTs
Tidak ada komentar:
Posting Komentar