Kamis, 09 April 2020

PTK SMA fisika

PTK SMA fisika
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya

JUDUL PTK SMA
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIAGRAM ALIR KALOR 


Kita sadar atau tidak realita di lapangan terhadap keberhasilan pembelajaran masih  jauh dari harapan. Hal ini  dimungkinkan banyak factor yang menjadi penyebabnya, antara lain kemampuan guru terhadap  penguasaan pengelolaan pembelajaran masih kurang optimal. Guru masih menjadi pusat dalam proses pebelajaran, sehingga siswa kurang diberdayakan kemampuannya dan aktivitas mereka kurang diperhatikan. Penggunaan alat bantu yang dimungkinkan dapat memberikan motivasi kepada siswa , kurang diutamakan. Kadang-kadang ada guru yang dalam proses pembelajaran bertumpu pada “LKS”. Padahal,buku paket, model tiruan, real object dan sebagainya dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
Akibat paradigma yang kurang tepat tersebut, akhirnya dapat menimbulkan motivasi dan aktivitas siswa rendah. Keterlibatan siswa  dalam pembelajaran nyata (pembelajaran bermakna) tidak ada atau tidak ditemukan. Mereka tidak memiliki keberanian dalam bertanya, apalagi mengemukakan pendapat. Dengan melihat realita tersebut dapat kita katakan bahwa aktivitas siswa rendah sehingga proses pembelajaran pun kurang menarik bagi siswa  ataupun guru. Faktor lain yang memungkinkan siswa kurang memiliki aktivitas dalam pembelajaran ialah kurangnya sensasi guru dalam menggunakan multi metode dan multi penampilan. Lagi-lagi paradigma lama selalu mendominasi pola pikir  guru dalam melaksanakan tugasnya. Guru senantiasa melontarkan cemoohan dan hujatan manakala siswa salah dalam menjawab ataupun mengemukakan pendapat.  Jarang sekali guru memberikan  pujian ataupun penghargaan, walaupun guru itu tahu bahwa penghargaan ataupun pujian dapat memberikan motivasi dibanding hujatan atau cemoohan.

PTK SMA fisika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar