Kamis, 02 Januari 2020

contoh PTK TK paud

contoh PTK TK paud
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya

JUDUL PTK TK
MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI PERMAINAN BERKELOMPOK PADA SISWA


BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG

Anak usia dini berada pada rentang usia antara 0-6 tahun sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan sangat pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Pada tahun-tahun ini anak memiliki apa yang disebut sebagai periode-periode sensitif (sensitive periode), selama masa ini anak secara khusus mudah menerima stimulasi. Perkembangan utama yang terjadi pada masa ini berkisar pada penguasaan dan pengendalian lingkungan atau biasa disebut sebagai masa penjelajahan. Anak ingin mengetahui keadaan lingkungannya, bagaimana mekanismenya, bagaimana perasaannya, dan bagaimana ia dapat menjadi bagian dari lingkungan. Usia dini juga merupakan masa anak menjadi sangat peka dan menjadi peniru ulung (imitator) dalam lingkungannya. Proses peniruan atau imitasi yang didapatkan di masa kanak-kanak, akan menentukan derajat kualitas pribadi, kesehatan, intelgensi, kematangan sosial, bahasa dan produktivitas anak pada tahap berikutnya. Proses ini tidak hanya dilakukan anak terhadap perilaku saja tetapi juga pada bagaimana orang-orang di sekitarnya melakukan interaksi sosial dan komunikasi. Interaksi dan komunikasi yang baik dibutuhkan anak agar dapat menjadi bagian dari lingkungan dan kelompok sosial.
Pada rentang usia 2-6 tahun ada beberapa aspek perkembangan yang harus dicapai oleh anak, yaitu aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa dan sosial emosional. Menurut Agnia (2012: 35) dalam penelitiannya menyatakan bahwa anak usia 3-5 tahun memiliki karakteristik antara lain: berkaitan dengan perkembangan fisik, anak sangat aktif melakukan kegiatan, perkembangan bahasa juga semakin baik, anak sudah mampu memahami pembicaraan orang lain dan mampu mengungkapkan pikirannya, perkembangan kognitif ditunjukkan anak dengan rasa ingin tahu terhadap lingkungan disekitarnya, sedangkan dalam perkembangan sosial emosional anak masih bermain individu, walaupun berdampingan. Program pendidikan untuk anak usia 3-4 tahun seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak, baik secara fisik, kognitif, bahasa, maupun perkembangan lainnya.

 contoh PTK TK paud
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar