PTK ski kelas 3 MI
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK MI
PENERAPANMETODE DISCOVERYUNTUK MENINGKATKAN MOTIVASIDAN PRESTASI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sejarah
Kebudayaan Islam (SKI) merupuakan salah satu pelajaran yang diberikan
sejak dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Perguruan Tinggi
(PT), khususnya Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Pada umumnya
Sejarah Kebudayaan Islam dirasakan lebih sulit untuk dipahami daripada
ilmu-ilmu lainnya. Salah satu penyebabnya adalah karena sejarah
mempelajari sesuatu yang sudah terjadi dan tidak dialami oleh peserta
didik, dan tidak adanya kesesuaian antara kemampuan peserta didik dengan
cara penyajian materi sehingga Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dirasakan
sebagai pelajaran yang sulit untuk diterima. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Solok menyebutkan
salah satu Standar Kompetensi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah
kompetensi “Dinasti Ayyubiyah” kompetensi dasarnya adalah “perang Salib” merupakan
salah satu materi pokok yang diberikan di MTs kelas VIII semester 2.
seorang guru harus dapat menentukan strategi pengajaran yang sesuai
dengan kemampuan peserta didiknya sehingga mudah dipahami, mengingat
bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang mendalami dan memperlajari
sesuatu yang sudah terjadi di masa lampau dan yang pasti tidak dialami
oleh peserta didik. Secara khusus adal sebagian masyarakat yang tidak
peduli dengan peristiwa sejarah terutama Sejarah Kebudayaan Islam,
karena memandang bahwa hal tersebut hanyalah peristiwa yang tidak
mungkin akan terjadi kembali, selain itu pula bahwa sejarah tidak
implementatif dalam dunia kerja dan tidak implementatif pula dalam
disiplin ilmu lainnya.
Mengajarkan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan
suatu kegiatan pengajaran sedemikian sehingga peserta didi belajar
untuk mendapatkan kemampuan dan pengetahuan tentang Sejarah Kebudayaan
Islam (SKI). Kemampuan dan pengetahuan tersebut ditandai dengan adanya
interaksi yang positif antara guru dengan peserta didik, yang sesuai
dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan (Hudya, 1988:122). Namun
dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya yang berhubungan
dengan Sejarah Kebudayaan Islam, ternyata masih banyak mengalami
hambatan – hambatan baik yang dialami peserta didik maupun guru. Salah
satu hambatan yang terjadi adalah keseulitan dalam memahami dan
menghafal hal – hal yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI), khususnya kemajuan Dinasti Ayyubiyah.
PTK ski kelas 3 MI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar