Senin, 27 Januari 2020

PTK ski MI kelas 6

PTK ski MI kelas 6
 Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
 
JUDUL PTK MI
PENDEKATAN PSIKOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
 
BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupuakan salah satu pelajaran yang diberikan sejak dari tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) sampai Perguruan Tinggi (PT), khususnya Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI). Pada umumnya Sejarah Kebudayaan Islam dirasakan lebih sulit untuk dipahami daripada ilmu-ilmu lainnya. Salah satu penyebabnya adalah karena sejarah mempelajari sesuatu yang sudah terjadi dan tidak dialami oleh peserta didik, dan tidak adanya kesesuaian antara kemampuan peserta didik dengan cara penyajian materi sehingga Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dirasakan sebagai pelajaran yang sulit untuk diterima. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Solok menyebutkan salah satu Standar Kompetensi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) adalah kompetensi “Dinasti Ayyubiyah” kompetensi dasarnya adalah “perang Salib” merupakan salah satu materi pokok yang diberikan di MTs kelas VIII semester 2. seorang guru harus dapat menentukan strategi pengajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didiknya sehingga mudah dipahami, mengingat bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang mendalami dan memperlajari sesuatu yang sudah terjadi di masa lampau dan yang pasti tidak dialami oleh peserta didik. Secara khusus adal sebagian masyarakat yang tidak peduli dengan peristiwa sejarah terutama Sejarah Kebudayaan Islam, karena memandang bahwa hal tersebut hanyalah peristiwa yang tidak mungkin akan terjadi kembali, selain itu pula bahwa sejarah tidak implementatif dalam dunia kerja dan tidak implementatif pula dalam disiplin ilmu lainnya.
Mengajarkan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)  merupakan suatu kegiatan pengajaran sedemikian sehingga peserta didi belajar untuk mendapatkan kemampuan dan pengetahuan tentang Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Kemampuan dan pengetahuan tersebut ditandai dengan adanya interaksi yang positif antara guru dengan peserta didik, yang sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan (Hudya, 1988:122). Namun dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran khususnya yang berhubungan dengan Sejarah Kebudayaan Islam, ternyata masih banyak mengalami hambatan – hambatan baik yang dialami peserta didik maupun guru. Salah satu hambatan yang terjadi adalah keseulitan dalam memahami dan menghafal hal – hal yang berkaitan dengan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), khususnya kemajuan Dinasti Ayyubiyah.
 
PTK ski MI kelas 6
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar