PTK aqidah akhlak kelas 7
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK MTs
PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PRESTASI
BELAJAR SISWA
BAB 1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAHSaat ini kesejahteraan bangsa tidak hanya bersumber pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual, social dan kepercayaan. Serta pertumbuhan keimana dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dari uraian diatas maka pembelajaran akidah akhlak mempunyai peranan yang penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, handal, dan bermoral. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran akidah akhlak adalah kurang dikemasnya pembelajaran akidah akhlak dengan metode yang menarik dan menyenangkan, sehingga pembelajaran akidah akhlak cenderung membosankan dan kurang menarik minat siswa.
Disini juga dapat dilihat bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah akhlak masih rendah, setidaknya ada tiga indikator yang menyebabkan hal tersebut. Pertama, Siswa kurang memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat pada orang lain. Kedua, siswa kurang memilki kemampuan untuk memuaskan gagasan sendiri. Ketiga, siswa belum terbiasa bersaing menyampaikan pendapat dengan teman lain.
Dalam kegiatan belajar mengajar melalui metode tanya jawab, guru akan mengetahui kemampuan dan daya tangkap siswa untuk dapat memahami materi, mendengarkan pelajaran dengan baik, dan dapat membantu tumbuhnya perhatian siswa pada pelajaran serta mengembangkan kemampuannya untuk menggunakan pengetahuan dan pengalamannya sehingga pengetahuannya menjadi fungsional. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk membuktikkan bahwa dengan penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah akhlak.
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAHSaat ini kesejahteraan bangsa tidak hanya bersumber pada sumber daya alam dan modal yang bersifat fisik, tetapi bersumber pada modal intelektual, social dan kepercayaan. Serta pertumbuhan keimana dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Dari uraian diatas maka pembelajaran akidah akhlak mempunyai peranan yang penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul, handal, dan bermoral. Hal yang menjadi hambatan selama ini dalam pembelajaran akidah akhlak adalah kurang dikemasnya pembelajaran akidah akhlak dengan metode yang menarik dan menyenangkan, sehingga pembelajaran akidah akhlak cenderung membosankan dan kurang menarik minat siswa.
Disini juga dapat dilihat bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah akhlak masih rendah, setidaknya ada tiga indikator yang menyebabkan hal tersebut. Pertama, Siswa kurang memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat pada orang lain. Kedua, siswa kurang memilki kemampuan untuk memuaskan gagasan sendiri. Ketiga, siswa belum terbiasa bersaing menyampaikan pendapat dengan teman lain.
Dalam kegiatan belajar mengajar melalui metode tanya jawab, guru akan mengetahui kemampuan dan daya tangkap siswa untuk dapat memahami materi, mendengarkan pelajaran dengan baik, dan dapat membantu tumbuhnya perhatian siswa pada pelajaran serta mengembangkan kemampuannya untuk menggunakan pengetahuan dan pengalamannya sehingga pengetahuannya menjadi fungsional. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk membuktikkan bahwa dengan penerapan metode tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran akidah akhlak.
PTK aqidah akhlak kelas 7
Tidak ada komentar:
Posting Komentar