download PTK aqidah akhlak MTs kelas viii
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK MTs
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN. MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SlSWA
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Kehadiran dan kecepatan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
telah menyebabkan
terjadinya proses perubahan dramatis dalam segala aspek
kehidupan,
termasuk pendidikan. Perkembangan tersebut juga menyebabkan
sumber-sumber pengetahuan yang berupa buku, majalah, surat kabar
maupun
media elektronik lainnya juga tumbuh dengan pesat mengikuti
perkembangan itu.
Kendati demikian, di era globalisasi, pendidikan
sebagai sarana yang sangat
strategis untuk melaksanakan sistem
nilai karena melalui proses pendidikan
seorang peserta didik
diharapkan tidak hanya memperoleh pengetahuan,
pemahaman dan
keterampilan saja, tetapi juga proses pembentukan sikap, prilaku
dan kepribadian mereka perlu mendapatkan perhatian yang serius.
Pembentukan
sikap, perilaku dan kepribadian ini menjadi sangat
penting karena arus
komunikasi dan informasi, baik cetak maupun
elektronik, tidak terlalu membawa
pengaruh positif bagi peserta
didik. Kenyataan ini menuntut lembaga pendidikan
tetap mampu dan
berkembang dalam arus globalisasi.1
Pengaruh perkembangan tersebut
tampak jelas dalam upaya pembaharuan
sistem pendidikan dan
pembelajaran. Berbeda dengan pendidikan
keahlian yang memang lebih menitikberatkan pada pemberian pengetahuan
dan
ketrampilan khusus dan secara ketat berhubungan dengan
pertumbuhan pemilahan
kerja yang diperlukan dalam masyarakat.
Pelaksanaan pendidikan agama di sekolah memerlukan suasana interaksi
antara guru dan peserta didik yang sifatnya lebih mendalam, lahir
dan batin. Guru
agama tidak hanya sebagai “penyampai materi
pelajaran”, melainkan sebagai
“sumber spiritual” dan
sekaligus pembimbing sehingga terjalin hubungan yang
mampu
melahirkan keterpaduan bimbingan ruhani dan akhlak dengan materi
pengajaran.2
2
A. Malik Fadjar. op. cit., hal. 195-196
3
Oleh
karena itu, pendidikan agama tidak hanya membuat siswa belajar ilmu
agama melainkan agar siswa menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan
sehari-
hari.
Seiring perkembangan zaman, banyak sekali dijumpai
orang-orang yang
berpendidikan tinggi namun mereka tidak
menggunakan ilmu yang mereka dapat
untuk kemaslahatan umat, bahkan
mereka membuat masyarakat resah dengan
ilmu yang mereka miliki.
Misalnya ulah para koruptor yang hingga kini
penanganannya masih
tidak kunjung selesai, masyarakat juga sering merasa kesal
tatkala
mereka kehilangan data dalam computer akibat terkena virus-virus
yang
tak mungkin disebarkan oleh orang-orang yang tak
berpendidikan.
Lebih dari itu, ternyata masih banyak siswa yang
belum mampu membaca Al-
Qur’an dengan baik dan benar, tidak
melaksanakan shalat dengan tertib, dan tidak
berlaku sopan, serta
masih banyak pelajar yang tawuran, melanggar susila dan
banyak
lagi. Kenyataan tersebut merupakan gambaran kurang berperannya
pendidikan agama terlebih akidah dan akhlaq dan penerapannya dalam
kehidupan
para penimba ilmu khususnya generasi muda.3
Untuk itu,
Sekolah atau Madrasah yang merupakan tempat berubahnya
perilaku
anak didik sangat perlu untuk membenahi metode-metode pembelajaran
khususnya di bidang Akidah dan Akhlak agar tujuan pembelajaran bisa
tercapai
dengan baik. Dalam proses belajar mengajar seorang guru
harus mempunyai
kemampuan mengajar secara profesional dan terampil
dalam menggunakan
metode-metode yang baru. Di samping harus
menguasai materi pelajaran yang
3
Nasution. H, A, dkk. Pendidikan
Agama dan Akhlak bagi Anak dan Remaja (Jakarta:
Logos Wacana Ilmu,
2001), hal. 49
4
akan disampaikan, Seorang guru juga harus pandai
menciptakan situasi dan
kondisi belajar mengajar yang menarik.
Begitu pula peserta didik harus memiliki
kemauan dan kemampuan
belajar yang tinggi serta harus berperan aktif dalam
mengikuti
pelajaran.
Faktanya, pendidikan agama Islam masih belum mencapai
target yang
diinginkan disebabkan adanya guru yang kurang berhasil
dalam proses belajar-
mengajar dengan beberapa indikator berupa
prestasi siswa yang masih rendah,
penyampaian materi yang tidak
sesuai dengan batasan standar yang telah
ditentukan. Hal ini salah
satunya disebabkan profesionalisme guru yang masih
rendah dalam
mengelola kelas yang berakibat pada efektivitas pembelajaran
agama
khususnya pelajaran Aqidah Akhlak sehingga motivasi siswa kian
menurun.
download PTK aqidah akhlak MTs kelas viii
Tidak ada komentar:
Posting Komentar