Minggu, 26 Januari 2020

download PTK al qur'an hadits MTs

download PTK al qur'an hadits MTs
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
 
JUDUL PTK MTs
Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Menggunakan Metode Card Sort
 
BAB I  
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Proses pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, dimana dapat diartikan sebagai suatu proses perubahan tingkah laku dari invidu, karena adanya interaksi antar individu dan individu dengan lingkungannya. “Perubahan” yang berarti bahwa seseorang setelah mengalami proses belajar akan mengalami perubahan tingkah laku, baik aspek pengetahuan, keterampilan, maupun aspek sikap. Dengan demikian proses pembelajaran akan berdampak langsung terhadap keberhasilan pembelajaran.
Kurikulum merupakan motor penggerak untuk berjalannya proses kegiatan pembelajaran. Proses yang dilaksanakan dalam upaya peningkatan kualitas baik dari segi penyampaian materi pembelajaran yaitu guru, maupun penerima materi pembelajaran yaitu siswa. Jika di lihat secara komperhensif urgensi kegiatan belajar mengajar sangat tergantung pada kesiapan sarana, prasarana, sumber daya manusia, sumber daya madrasah dan kualitas materi yang tersusun dalam silabus yang tertuang dalam rencana pembelajaran.
Usaha peningkatan kualitas pemahaman siswa terhadap penerapan Al Qur’an surah-surah pendek dapat ditempuh melalui peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas sistem penilaian yang terintegrasi dalam stategi yang digunakan. Keduanya saling terkait, sistem pembelajaran yang baik akan menghasilkan kualitas belajar yang baik. Selanjutnya sistem penilaian yang baik akan mendorong guru untuk menentukan strategi mengajar yang baik dan memotivasi siswa untuk belajar yang lebih baik.
Dengan demikian proses pembelajaran yang dilakukan merupakan salah satu faktor yang penting untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan faktor lain dalam peningkatan efektivitas pembelajaran adalah faktor evaluasi baik terhadap proses maupun hasil pembelajaran. Evaluasi dapat mendorong siswa untuk lebih giat belajar secara terus menerus dan juga mendorong guru untuk lebih meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendorong sekolah untuk lebih meningkatkan fasilitas dan kualitas manajemen sekolah.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka di dalam pembelajaran dibutuhkan guru yang tidak hanya mampu mengajar dengan baik tetapi juga mampu melakukan evaluasi dengan baik. Kegiatan evaluasi sebagai bagian dari program pembelajaran perlu lebih dioptimalkan. Evaluasi tidak hanya bertumpu pada penilaian hasil belajar, tetapi juga perlu penilaian terhadap input, output maupun kualitas proses pembelajaran itu sendiri. Optimalisasi sistem evaluasi memiliki dua makna, pertama adalah sistem evaluasi yang memberikan informasi yang optimal, kedua adalah manfaat yang dicapai dari evaluasi. Manfaat yang utama dari evaluasi adalah meningkatkan kualitas pembelajaran dan selanjutnya akan terjadi peningkatan kualitas pendidikan.
Sebagai institusi pendidikan formal, Madrasah memiliki fungsi dan peran strategis dalam melahirkan generasi-generasi Islam masa depan yang terampil membaca Al Qur’an yang baik dan benar, kemudian memahami isi kandungnya dan hikmahnya untuk diterapkan dalam kehidupan, yang pada akhirnya menjadi generasi masa depan yang beriman dan bertakwa disamping menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
 
download PTK al qur'an hadits MTs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar