PTK ski MI
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK MI
Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan
negara (Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional).
Konsep pendidikan sebagai amanat dalam undang-undang tersebut kemudian
dimaknai secara praktis dalam proses pembelajaran yang sesungguhnya.
Proses pembelajaran yang dapat mengaktifkan potensi peserta didik inilah
yang pada saat ini dikenal dengan istilah model pembelajaran abad 21.
Pembelajaran abad 21 sangat berbeda dengan pola pembelajaran di era
sebelumnya. Pola pembelajaran masa lalu berorientasi pada guru (teacher
centered). Sedangkan pola pembelajaran di abad 21 ini, menekankan pada
model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) (Gunawan
dan darmani, 2018: 58). Model pembelajaran abad 21 ini, menekankan
bagaimana pembelajar mampu mengerahkan potensi diri secara optimal,
termasuk di dalamnya adalah pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah
kebudayaan Islam.
Secara substansial, mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam memiliki
kontribusi dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk
mengenal, memahami, menghayati sejarah kebudayaan Islam, yang mengandung
nilai-nilai kearifan yang dapat digunakan untuk melatih kecerdasan
membentuk sikap, watak, dan kepribadian peserta didik (PMA 2/2003).
PTK ski MI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar