contoh PTK pkn SMP kelas 8
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK SMP
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DALAM MATA PELAJARAN PKN
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan agar Pendidikan Nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Sedangkan orientasi misi pendidikan di Indonesia antara lain adalah
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Untuk mewujudkan pembelajaran yang
berkualitas, sangat dibutuhkan adanya kreatifitas dan inovasi yang terus
menerus dari guru dalam mengembangkan kegiatan belajar mengajar. Dari
berbagai penelitian menunjukkan bahwa dengan pembelajaran yang
berkualitas dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar peserta
didik. Prestasi dan motivasi belajar yang tinggi dapat menjadi salah
satu sarana dalam mengembangkan kemampuan dan pembentukan watak peserta
didik.
Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
(PKn) merupakan mata pelajaran yang langsung mengemban misi dalam proses
pembentukan watak atau karakter peserta didik yang sesuai dengan
kepribadian bangsa. Karakteristik PKn tersebut sebenarnya sama dengan
mata pelajaran yang lain, yaitu sama-sama mengembangkan kopetensi
kognisi, afeksi dan psikomotorik peserta didik, hanya bedanya pada ranah
afeksi menjadi titik tekan untuk dikembangkan oleh PKn.
Untuk membangun kemampuan afeksi peserta
didik pada pendidikan dasar (setingkat SMP), dibutuhkan kopetensi
kognisi yang cukup memadai dalam membangun wawasan dan pengetahuan siswa
tentang materi PKn. Wawasan dan pengetahuan tersebut bukan merupakan
hasil perolehan pasif yang didapat dari proses transfer informasi dari
pendidik, tetapi merupakan pengetahuan yang diperoleh dari proses
konstruksi dan rekonstruksi oleh peserta didik sendiri, karena proses
demikian ini akan lebih memperkuat ketajaman berpikir atau kemampuan
berpikir kritis peserta didik sekaligus dapat meningkatkan kemampuan
respek dan tingkat kepekaan peserta didik.
Berdasarkan pengamatan peneliti dan
pandangan sebagian besar pendidik, didapati bahwa kemampuan konstruksi
dan merekonstruksi pengetahuan para peserta didik di SMPN 2 Dagangan
dalam mata pelajaran PKn, khususnya siswa kelas VIII sangat rendah. Hal
ini dapat dibuktikan dari beberapa indikator antara lain: 1) siswa
sangat pasif dalam menggali berbagai sumber belajar; 2) kemampuan
mengkritisi berbagai informasi sangat rendah; 3) pengetahuan umum
terkesan sangat dangkal; 4) kurang respek atau peka terhadap berbagi
peristiwa yang terjadi; 5) kurang berani dalam berpendapat dan
menyampaikan gagasannya; 5) prestasi belajar tidak berkembang; dan 7)
motivasi belajar sangat rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar