jurnal PTK TK
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK TK
Buku Cerita Dan Boneka Jari Sebagai Media Pengenalan Bahasa
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Berdasarkan observasi yang telah
dilakukan penulis di lapangan ditemukan adanya permasalahan dalam kegiatan
pengembangan di kelas yaitu rendahnya kemampuan mengenal konsep bilangan di
PAUD Cahaya Hati pada Kelompok B. Pada saat proses pembelajaran peneliti
melihat peran guru masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru (teacher centered). Hal ini dapat
dibuktikan dengan adanya peran guru yang terlalu menguasai kelas. Guru dengan
spontan memberikan tugas kepada anak tanpa memberikan pilihan kegiatan kepada
anak. Kondisi ini ditengarai penyebabnya adalah dalam proses pembelajaran guru
kurang memanfaatkan media pembelajaran dan permainan yang tepat yang dapat
menumbuhkan motivasi belajar anak.
Selain kurangnya media pembelajaran
dan permainan yang tepat, hal ini lebih disebabkan oleh minimnya ruangan kelas
yang dimiliki oleh PAUD Cahaya Hati . Sehingga guru merasa kesulitan mencari
tempat jika menambahkan media dan sumber belajar terlalu banyak.
Permasalahan lain yang terjadi di
PAUD Cahaya Hati adalah metode yang digunakan oleh guru masih menggunakan
metode drill dan praktek-praktek paper-pencil test. Pada pengembangan kognitif
khususnya pada pengenalan konsep bilangan, guru memberikan perintah kepada anak
agar mengambil majalah dan pensil masing-masing. Selanjutnya guru memberikan
contoh kepada anak untuk menghitung jumlah benda yang terdapat pada majalah dan
mengisinya dengan angka yang sesuai dengan jumlah benda tersebut pada kolom
yang telah disediakan. Setelah anak mengerti, guru menyuruh anak untuk
mengerjakannya sendiri. Hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya
kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan di PAUD Cahaya Hati . Sebagai
indikator rendahnya kemampuan anak di PAUD tersebut, dapat dilihat bahwa dari
27 siswa kelompok B yang sudah mengenal bilangan hanya 8 siswa (30%), dan
sisanya sebanyak 19 siswa (70%) belum mengenal angka.
jurnal PTK TK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar