PTK pkn SMP word
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya
JUDUL PTK SMP
METODE PROBLEM SOLVING DALAM RANGKA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Berdasarkan pengamatan peneliti dan
pandangan sebagian besar pendidik, didapati bahwa kemampuan konstruksi
dan merekonstruksi pengetahuan para peserta didik di SMPN 2 Dagangan
dalam mata pelajaran PKn, khususnya siswa kelas VIII sangat rendah. Hal
ini dapat dibuktikan dari beberapa indikator antara lain: 1) siswa
sangat pasif dalam menggali berbagai sumber belajar; 2) kemampuan
mengkritisi berbagai informasi sangat rendah; 3) pengetahuan umum
terkesan sangat dangkal; 4) kurang respek atau peka terhadap berbagi
peristiwa yang terjadi; 5) kurang berani dalam berpendapat dan
menyampaikan gagasannya; 5) prestasi belajar tidak berkembang; dan 7)
motivasi belajar sangat rendah.
Berbagai indikator tersebut didukung pula
dengan munculnya faktor kejenuhan belajar siswa, yang ditunjukkan dengan
respon siswa yang rendah dalam mengikuti proses pembelajaran. Munculnya
kejenuhan selama pembelajaran ini diantaranya dikarenakan strategi
pembelajaran yang digunakan guru monoton, yaitu dengan menggunakan
metode ceramah, tanya jawab, telaah buku dan media seadanya, hal ini
mengakibatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VIII pada pertengahan
semester gasal tahun pelajaran 2013/2014 ini sangat rendah yaitu
rata-rata 68, padahal KKM PKn adalah 75.
Untuk itu dibutuhkan kreatifitas dan
inovasi dalam pembelajaran mata pelajaran PKN dengan menggunakan
berbagai cara yang menarik yang ada kaitannya dengan kehidupan
sehari-hari melalui proses pelibatan peserta didik dalam merekonstruksi
hasil pengamatannya sehari-hari dan hasil gagasan-gagasannya. Sunardi
(2012:13) menyarankan untuk mengupayakan agar pelajaran PKN menyenangkan
anak, maka sampaikan materi yang sudah dikenal anak hingga anak percaya
diri.
Karena itu peneliti mencoba memecahkan
permasalahan tersebut dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran
berbasis inkuiri, yang mampu mengembangkan ketrampilan peserta didik
dalam merekonstruksi pengetahuannya sekaligus ketrampilan dalam
mengkomunikasikan ide dan gagasannya. Seperti dinyatakan oleh Dahar
(1988), bahwa pengajaran berdasarkan inkuiri adalah suatu strategi yang
berpusat pada siswa di mana kelompok-kelompok siswa dihadapkan pada
suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan di
dalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar