Kamis, 02 Januari 2020

PTK tingkat TK

PTK tingkat TK
Kami membantu para guru menyusun PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )
Hubungi WA kami 0812-2294-0294
Lengkap, Orisinil Dan Terpercaya

JUDUL PTK TK
Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Kotak Sortasi

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Masa kanak-kanak merupakan masa yang bahagia bagi seorang anak. Masa kanak-kanak yang bahagia memang tidak sepenuhnya menjamin keberhasilan di masa dewasa, tetapi dapat menjadi peletak dasar bagi keberhasilannya, sedangkan ketidakbahagiannya pada masa kanak-kanak dapat menjadi peletak dasar bagi ketidakberhasilannya. Tidak hanya ketidak berhasilannya dalam nilai-nilai akademisnya, tetapi dapat menjadi ketidak berhasilannya dalam bersosialisasi atau membina hubungan dengan masyarakat disekitarnya. Menurut Erikson, tahun pertama kehidupan anak penting ditanamkan dasar untuk mempercayai orang lain,(basic trust). Anak yang tidak mengalami dan memperoleh kasih sayang dan kepuasan yang merupakan bagian dari kebutuhannya akan mengalami kegagalan dalam mengembangkan kepercayaan diri dengan orang lain. Hal ini akan berpengaruh dalam hubungan social anak di kemudian hari.
Cara yang biasanya dilakukan seseorang untuk bereaksi sebagian besar bergantung pada faktor yang memberikan kepuasan padanya, pada perilaku yang dapat diterima secara sosial, dan pada perilaku yang tidak menimbulkan penolakan dari orang – orang yang berarti baginya. Dengan demikian, agar setiap anak memenuhi pernyataan di atas secara positif maka persiapan fisik, mental, dan psikologis untuk bertindak sesuai dengan cara yang memenuhi kriteria di atas. Pada tingkatan anak prasekolah hal ini menjadi sangat penting karena mereka berada pada periode yang masih tinggi fleksibelitasnya. Tugas orang tua dan guru adalah mengarahkan emosi anak ke pola hubungan yang bersifat positif, artinya yang dapat mengembangkan emosi anak ke arah keterampilan sosial untuk beraktivitas mengisi kehidupannya menjadi lebih sempurna dan diterima oleh lingkungan sosialnya. Lebih khusus lagi guru hendaknya bisa mengarahkan semua anak belajar tentang cara menyalurkan energi emosionalnya yang berlebihan agar mereka tidak menderita kerusakan fisik dan psikologis terlalu besar apabila sewaktu – waktu diperlukan pengendalian emosi.

PTK tingkat TK 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar